Buat Film Indie

Gunakan karyamu untuk mensejahterakan orang lain. Gunakan perasaanmu untuk merasakan kepedihan yang dirasakan orang lain, hingga kita semua menjadi satu, satu dalam rasa.
Sebelum melangkah untuk membuat film Indie, maka yang perlu kita ketahui adalah apakah arti dari film Indie itu sendiri?

Indie, adalah protolan dari kata Independent (bahasa Inggris) yang dapat diartikan sebagai 'berdiri sendiri', tidak tergantung dengan yang lain, entah institusi maupun yang lain.


Buat film indie bisa dikatakan susah-susah gampang. Kapan 'buat film Indie' itu mudah? Saat si pembuat film indie memiliki modal utama berupa pengalaman yang telah ia miliki dalam mem buat film indie. Teori pembuatan film adalah nomor dua, yang terpenting yakni keberanian untuk memulai. Berapa banyak mahasiswa jurusan komunikasi yang lulus perguruan tingkat tinggi namun hanya sedikit dari mereka yang menghasilkan karya? Menurut saya, teori hanyalah sebuah jembatan untuk mencapai tujuan dengan modal pengalaman-pengalaman orang terdahulu yang telah ber-trial error sehingga mendapatkan sebuah hasil yang mengagumkan.

Namun bagaimana pun, hanya pendidikan lah yang mampu mengantarkan para penerus bangsa untuk 'berani memulai'.
Kembali ke teori buat film indie. Kesimpulannya jika kita buat film indie, yang harus ditanamkan dalam paradigma pikiran kita adalah, dengan karya yang nantinya dihasilkan tidaklah berprioritas pada uang. Uang adalah yang kesekian. Namun yang perlu diorientasikan adalah sebuah ideologi yang mampu disampaikan ke dalam tiap frame dari karya film indie kita sendiri.

Lalu, apa yang perlu kita perlukan dalam buat film indie itu sendiri?

Tentunya sebuah tahapan-tahapan perlu kita lakukan. Yakni PreProduksi - Produksi - Pasca Produksi. Mari kita bahas satu persatu.

PreProduksi

Layaknya seperti film professional, saat buat film indie juga perlu dilakukan PreProduksi. Yakni sebuah planning untuk mengarahkan pembuatan film tersebut dari awal hingga selesai. kesemuanya di dokumenkan dengan harapan dapat pula menjadi panduan dan laporan bagi yang membutuhkan arsip tersebut.
Naskah
Sebuah film mutlak diperlukan sebuah naskah untuk dapat menyusun dialog-dialog maupun tata cara pengambilan gambar saat buat film indie. Di dalam naskah film indie itu, terdiri dari beberapa bagian.

  1. Dialog pemain
  2. Jenis pengambilan gambar (Long, Close, Up, dll)
  3. Efek Suara
  4. Detail Gambaran Shot

Comments

Popular Posts